Pages

Kamis, 14 Juli 2011

Cara Membuat User Baru dalam SQL Server 2005

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba untuk membuat user baru didalam SQL Server 2005. Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk membuat user baru dalam SQL Server 2005.
1. Login ke SQL Server 2005
Untuk mengakses SQL Server 2005 maka kita dapat mengaksesnya dimulai dari klik Start –> All Programs –> Microsoft SQL Server 2005 –> SQL Server Management Studio. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
akses-sql-server-20051
Setelah di klik maka akan muncul tampilan window baru
2. Klik tombol Connect untuk masuk kedalam database SQL Server 2005
Setelah muncul tampilan SQL Server Management Studio maka klik tombol connect untuk masuk kedalam database SQL Server 2005. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
login ke sql server 2005
login ke sql server 2005
3. Klik menu login yang ada dibagian menu security
Untuk membuat user baru maka kita dapat mengaksesnya melalui mengklik login menu yang ada dalam bagian security. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
new-user-4
4. Isilah masukan-masukan yang dibutuhkan untuk membuat user baru
Setelah menu New Login di klik maka akan muncul tampilan baru. Pada bagian General, ada beberapa masukan yang perlu di isi diantaranya adalah login name, password dan confirm password. Kemudia ada opsi – opsi lain seperti mencentang atau tidak untuk pilihan enforce password policy, enforce password expiration dan user must change password at next login. Untuk keseragaman jangan dicentang semua opsi diatas. Setelah itu pilihlah default database untuk usr yang baru dibuat. Untuk lebih jelasnya langkah – langkah ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
new-user-3
Kemudian klik Server Roles. Menu ini adalah untuk menset role yang nantinya akan diberikan kepada user baru ini. Untuk keseragaman set role untuk user ini sebagai sysadmin. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
new-user-5
Kemudian pilih menu Status. Pada menu ini kita ingin menyakinkan bahwa user baru ini mendapatkan 2 hak yang memungkinkan dia untuk masuk dan memanipulasi database yang ada di SQL Server 2005. 2 hak tersebut adalah : permission to connect to database engine dipilih pilihan grant dan login dipilih pilihan enabled. 2 status ini akan memampukan user untuk masuk ke database dan user mampu melakukan koneksi ke database. 2 pilihan ini adalah pilihan default sehingga jangan diubah kalau tidak ada hal – hal yang penting yang berhubungan dengan kedua opsi ini.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
new-user-6
5. Klik tombol OK untuk menyelesaikan wizard untuk membuat user baru
Setelah kita mengklik tombol OK maka user baru terbentuk. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
new-user-7
Berdasarkan gambar diatas maka user baru kita tercipta. Semoga dengan tuntunan dalam pembuatan user baru ini maka kita dapat lebih mengetahui bagaimana cara membuat user baru didalam SQL Server 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA

Total Tayangan Halaman

Basis Data

Basis Data
Terimakasih